NUSA PENIDA A PIECE OF HEAVEN

Jujur sempet bingung beberapa menit untuk memilih judul yang "pas" tentang tulisan ini. Tapi mungkin menggambarkan Nusa Penida sebagai potongan dari indahnya surga (yang sebenernya juga gatau surga itu kek apa)es= merupakan sebuah fakta, bukan hanya sikap hiperbola ku saja.

Seperti biasanya, Nusa Penida masuk ke dalam wish list travellingku. Beberapa tahun lalu aku sempat ke Bali dan menghabiskan beberapa hari, tapi mungkin karena belum rezekinya jadi belum kesampaian ke sana. Di momen pergi ke Bali kemarin, aku memutuskan untuk ke sana dan ya dengan seorang diri.

Bukan pertama kalinya aku pergi seorang diri, tapi yang bikin agak deg-deg-an adalah, ini posisinya bener-bener di "tanahnya orang lain" dan beberapa berita tentang pelecehan perempuan yang lagi marak membuatku sedikit mikir dua kali untuk jadi pergi seorang diri atau ngga. Tapi karena di balik itu semua, aku udah jerih payah menyusun jadwal, nabung, dan juga mengumpulkan segala referensi tentang perjalanan ke Nusa Penida ini, akhirnya pagi itu pun aku jadi pergi ke Nusa Penida.

Pagi itu aku sengaja mengambil boat dengan jadwal terpagi dan memilih jadwal boat untuk pulangnya jadwal yang paling sore, dengan harapan agar aku bener-bener bisa puas meng-explore Nusa Penida, ya harapannya bisa dapet 4-5 spot pantai. Waktu dari Sanur ke Pelabuhan Nusa Penida butuh waktu 30 menit dengan ombak yang lumayan ya pastinya.

Setiap boat nanti bersandar di sini

Setelah bersandar, aku langsung nyari mas penyewaan motor yang udah kupesen. Setelah ketemu, keknya dia kaget gitu, kalau aku dateng seorang diri dan ngeliat fisikku yang kecil ini jadi dia nawarin gitu buat jadi guide. Tapi karena aku udah yakin dengan segala referensiku yang udah kukumpulin, akhirnya aku jawab kalau aku emang mau solo trip.

Mengurus administrasi soal penyewaan motor dan biaya menyebrang selesai!1!! sambil mengucapkan basmalah dan deg-deg-ann aku pun memulai trip Nusa Penida ini!!! :)))

Dari mulai di tengah laut selama perjalanan ke pelabuhan, sejujurnya sinyalku blas ngga ada, dan ternyata sampai di pelabuhan pun ngga nyaut. Yaudahlah akhirnya aku cuma mengandalkan "mbuntutin mobil-mobil trip" yang jelas mereka akan pergi ke destinasi yang ada di Nusa Penida.

Setelah hampir 40 menit dari pelabuhan, aku akhirnya sampai di Broken beach dan Angels Billabong. Harga masuknya cuma 5000/orang dan itu pun udah sekalian sama harga parkir motornya. Jalan ke titik pantainya dari parkiran juga ngga terlalu jauh, di titik ini dua destinasi itu ternyata ada di satu tempat, ya cuma berjarak 5 menit lah kalian dah bisa dapet dua spot.

Si angels Billabong ini semacam bolongan-bolongan karang yang isinya tuh air tawar dan yang bikin unik dia berada di deket laut. Warnanya juga bagus bisa gradasi gitu. Nah sebenernya ngga dibolehin untuk berenang dan turun ke bawah, tapi menurut cerita sih banyak banget bule yang nekat dan ngeyel foto-foto sampai berenang ke bawah, padahal tempat itu juga masih jadi tempat suci atau yg dikeramatkan oleh orang sekitar.

Setelah foto-foto dan “nguping” penjelasan guide sebelah, aku pun langsung ke Broken beach yang bisa dijangkau jalan kaki dari Angels Billabong. Di sini sih baru bener-bener bilang bagus banget. Meskipun pas aku sampe sana lagi panas banget, tapi bener-bener mata seger banget rasanya liat perpaduan warna biru laut dan aksen broken-nya di batu yang jadi ciri khasnya.

Cuma sekitar 20 menit aku muter-muter ngefoto di beberapa spot, sampai akhirnya memutuskan untuk pergi ke warung sebelah parkiran. Niatku sebenernya cuma buat ngadem dan minum, tapi ada motif tersembunyi yaitu nanya jalan ke Klingking beach.

Di warung itu setelah ngadem dan buat tulisan tipis-tipis, akhirnya aku beranikan nanya ke penjualnya arah jalan ke klingking beach. Si Ibu bilang tinggal mengarah ke arah barat, sekitar 20 menit aku bakalan sampai. Oke dalam hatiku, sungguh sangat informatif apalagi untukku yang buta akan arah mata angin🥲

Mungkin karena dengar pertanyaanku barusan, ada dua mas-mas yang akhirnya mengarahkan lebih detail untuk jalan ke klingking beach. Mereka rupanya juga lagi trip gitu, sama sepertiku menyewa motor dan mengatur semuanya secara mandiri, bedanya mereka menginap semalam di Nusa Penida dan mereka berdua, aku seorang diri.

Dari obrolan itu, aku malah membuat perubahan di rencana perjalananku. Yang tadinya dari Klingking beach aku mau pergi ke Crystal Bay, tapi karena saran dari masnya, aku memutar rencana dan mutusin buat pergi ke Diamond Beach. Masnya bilang, kalau Diamond Beach bener-bener pantai terbagus di Nusa Penida versi dia trip selama dua hari ini.

Entah kesambet apa, tiba-tiba sinyalku akhirnya nyaut lagi. Langsung deh kuandalkan gmapsku dan langsung menuju ke Klingking Beach. Benar seperti arahan Ibu penjual tadi, kalau memang arahnya ternyata ke barat terus. Ngga sampai 20 menit, aku juga udah sampai di Klingking Beach.

Bagus bangetttttttt huhu

Lagi-lagi cuma bisa bengong akan keindahan yang disuguhin di depan mata. Foto-foto Nusa Penida yang kulihat di instagram rasanya kalah sama pemandangan yang kulihat dengan mata kepala sendiri. Meskipun lagi dan lagi panas terik matahari selalu menemanin di perjalanan, tapi its not a big deal kalau mata disuguhin dengan view yang bikin seger gini.

Sama seperti Broken Beach, masuk ke Klingking Beach ini cuma perlu ngerogoh kocek 5000/orang. Dari parkiran kita cuma perlu jalan sekitar 3-5 menit ke bawah, dan ya udah bakal disuguhin pemandangan se-indah ini.

Di Klingking Beach ini, sebenernya bisa dan boleh aja kok turun sampai ke pantai di bawah sana. Tapi kata Bapak parkirnya, tangga-tangga yang ada di bawah sana lebih curam, dan juga aku masih harus pergi ke Diamond Beach jadi ngga mau capek duluan sebelum ke sana. Jadi yaudah cuma foto-foto dari atas aja udah puas rasanya.

Karena pas di sana udah nunjukkin waktu jam 1 WITA, akhirnya ku sholat dulu dan nyari makan siang, meskipun lagi dan lagi yang aman aku milihnya ya cuma bisa beli pop mie, tapi yang bikin beda adalah, view nya yang bikin betah lama-lama buat makan di sana. Hampir 45 menit aku duduk di sana, menghabiskan pop mie, menyeguk es kopi susu, dan melanjutkan tulisan di note yang aku bawa.

Setelah semuanya selesai, langsung tancap gas ke Diamond Beach, ke pantai yang paling bagus di Nusa Penida, begitu kata mas-mas yang baru ku temui tadi. Perjalanan hampir 45 menit lamanya, karena sejujurnya pantai ini berada paling timur di Pulau Nusa Penida, sedangkan rombongan Klingkling Beach tadi berada di Barat Pulau Nusa Penida. Jadi bisa dibayangkan sejujurnya aku ngalang banget dan jadinya muterin hampir sepulau Nusa Penida wkwk.

Selama perjalanan, mata bener-bener dibuat takjub dan boro-boro ngantuk. Aku malah happy banget bisa nyanyi-nyanyi dengan suara keras, berhenti saat viewnya emang bagus banget. Jalanan di Nusa Penida ngebuat aku flashback ke jalanan Imogiri-Panggang. Jalannya udah full aspal dan berkelok-kelok. Beberapa viewnya kanan dan kiri juga disuguhin sama jurang-tebing dan pepohonan yang rindang gitu.
Di samping kanan kiri, sapi-sapinya pada dibebasin gini. Gemess

Setelah 40 menitan, akhirnya sampai juga di Diamond Beach. Masuknya per-orang di sini 10.000, dan jarak dari parkiran juga ngga terlalu jauh. Dan pas liat view-nya bener-bener terbayarkan sih lama banget jalannya dan panas-panasan ke sana. Sebagus itu, cuma bisa bengong duduk di tangga-tangganya dan ngucap MashAllah terus-terusan.

Sejujurnya aku galau untuk turun ke pantainya apa cuma nikmatin view dari atas aja. Tapi setiap kali pengunjung lain lewat dan naik tangga, pasti kutanyain mending ku turun apa ngga ya? Dan mereka jawab ngga usah mba, lagi panas banget soalnya wkwk. Yaudah ngerasa ada yang ngebela dong si sisi rebahanku ini. Dan akhirnya aku mutusin buat pulang dan balik ke pelabuhan.

Akhirnya sekitar jam 16.30 WITA aku pun pulang dan meninggalkan Pulau Nusa Penida. Seharian penuh meng-explore dari sisi barat ke sisi timur jadi highlight liburanku selama di Bali. Bukan sekadar dari destinasinya, tapi juga akhirnya aku punya waktu untuk me time dan menikmati setiap waktu yang aku punya.

Sampai di Sanur, ngga lupa dong untuk jajan si gorengab yang khas satu ini. Gorengan plus lumpia yang dipotong kecil-kecil dan dikasih saus kacang. Ngenyangin dan makannya dengan view Pantai Sanur.

Sore itu aku ngga langsung pulang, aku sempet mampir ke salahsatu gelato yang terkenal di Bali. Karena penasaran, akhirnya aku mutusin buat ke sana. Bener aja, sampe sana ternyata udah banyak banget yang ngantri. Setelah dapet antrian, akhirnya aku milih untuk pesen yang corn, dan milih rasa pistachio dan nutella. Kalau boleh ngasih komentar dan perbandingan, gelato yang satu ini teksturnya lebih lembut banget dibanding gelato di Tempo Gelato Jogja, harganya pun lebih murah meskipun cuma selisih 5000 rupiah aja ya, tapi aku berani jamin kalau yang ini lebih enak dan ngga bikin eneg sama sekali. Untuk aku yang ngga terlalu suka makanan manis, satu corn penuh itu bisa kuhabiskan sambil senyum simpul.🤗
Aduh liat fotonya jadi kebayang rasanyaa😍

Ohiya buat temen-temen yang tertarik untuk pergi ke Nusa Penida, entah itu pake tour and travel atau trip sendiri, ku saranin tetep harus cari referensi biar tau destinasi yang cocok dan yang Kamu incar di bagian mana.

*Tambahan info;

1. Harga penyewaan motor ratenya di antara 50-100.000 tergantung motor apa yang Kamu pilih. CP nya      0878 6057 6669 (Mas Aris)
2. Harga penyebrangan kapal 75.000/a way.
3. Pilihan makanan di Nusa Penida banyak macemnya, tapi soal harga karena termasuk destinasi wisata jadi emang lebih mahal dibanding warung-warung biasanya.
4. Harga masuk pantai dan destinasinya masih tergolong murah meriah. Per-orang cuma perlu bayar 5000-10.000.
5. Kalau mau ngetrip berbanyak orang, ku saranin nyewa mobil atau sekalian ikut tour and travel aja.☺️