MODAL NEKAT; ANDONG 1726 MDPL

Di bulan Agustus 2 tahun yang lalu melihat sunrise di Gunung Prau, alhamdulilah di bulan Agustus tahun ini bisa ngelihat sunrise (meskipun mendung) di Gunung Andong.
Semuanya serba dadakan, bahkan aku ngefix-in ajakkan naifah aja baru dua hari sebelum berangkat ndaki. Awalnya aku ragu, karena tanggal 8 aku full nge-shift buat registrasi Maba jalur ujian tulis, otomatis itu sampe sore. Tapi tanggal 9 aku free dan tanggal 10 nya aku ada simulasi ospek. Aku takut ga kuat aja badanku, disatu sisi juga pengen banget ndaki.
Finally, aku mengiyakan dengan syarat berangkat setelah aku selesai nyelesein tugas pemanduku plus besok balik jogjanya pagi.

8 Agustus 2017
      Pagi pagi sekitar jam 11 an ajek ngabarin kalau udah bareng Dian di Banjar, mereka langsung on the way ke Magelang. Nah perkiraan aku sama Naifah mereka bakal sampe sekitar jam 3 atau 4 an di Magelang. Jadi aku masih santai belum packing, dan masih di rektorat ngurusin Mahasiswa Baru.
Eh tau tau sekitar jam setengah dua an mereka ngabarin kalau udah sampe salah satu Pom Bensin yang ada di Muntilan, Magelang.

Deg

Akhirnya aku izin untuk ndak full ngeshift nya, makan siang bentar dan langsung pulang ke kosan buat packing. Sekitar jam 2 an aku sama Naifah on the way ke Muntilan, Magelang. Dan satu jam pun kita dah kumpul berempat.
Jujur basecamp Andong kita ngga ada yang tahu, Cuma bermodalkan maps dan seingetan kita kalau , basecampnya Andong itu setelah basecamp wekas Merbabu, dan untungnya kita pernah plus lupa lupa inget jalan kesana. Tapi alhamdulillah Allah selalu aja baik, sekitar jam 3 sore kita sampai basecamp. Setelah registrasi dan prepare kita baru sadar kalau kita berempat cewek semua dan belum pernah ndaki Andong, dan itu posisinya kabut lagi turun jadi agak gelap gitu. Sialnya headlamp aku lupa bawa dan ga ada yang bawa senter.

Disamping kita waktu itu ada satu rombongan yang mau naik, niatnya mau bareng tapi kok ya rame banget. Setelah mengurungkan niat untuk ikut rombongan itu akhirnya kita menemukan 2 orang cowok cowok ga jelas yang lagi riweuh sama Xiomi nya wkwk, dan mereka sasaran kita buat direpotin wkwk.

“Mas, kapan mau naik nya?” tanyaku
“Ini mbak sehabis ini kayaknya.” Dia njawab gitu
“oh iya bareng ya mas, soalnya kita cewek berempat dan ndak bawa senter e hehe.”
“Woya siap Mbak, kita makan dulu ya mbak.”

Setelah menunggu beberapa menit mereka makan di basecamp tepat pukul jam 5 sore kita mulai pendakian kita! Here we go !!!

Ehiya jadi dua orang cowok itu ternyata satu angkatan dibawah kita, namanya Aldi sama Ferry. Mereka asal Kendal dan Gunung Andong tuh pendakian kedua kalinya mereka.

Jarak  antara gerbang sama pos 1 lumayan lah jaraknya, ga deket deket banget tapi juga ga jauh jauh banget Butttt, mungkin karena minggu minggu terakhir aku kurang tidur plus ngga pernah olahraga, kerasa banget baru dikit jalan harus break break gitu dan kerasa banget capeknya. Dan hehe aku ngerasa tracknya Andong parah sih soalnya naik terus, yang landai bisa diitung jari itupun track landai pas udah deket deket puncak. Heu.
     Singkat cerita kita sampai puncak, eh sebelum puncak di waktu Maghrib. Kita langsung diriin tenda dan sholat. waktu itu kan sehari setelah Gerhana Bulan, nah malem itu bener bener bulannya bulet dan bagus banget, tapi keknya aku ngga punya fotonya deh huhu. pokoknya malem itu alhamdulillah cerah, kabutnya juga tipis tipis doang.
     Nah karena waktu dibawah kita memutuskan utnuk ngga bawa kompor dan nesting, cuma njagakke yang katanya ada warung diatas puncak,dan ternyata warungnya tutup wkwk. yaudah dong kita cuma makan apa yg kita bawa, yaitu roti dan sebungkus oat meal wkwk. Dan kita masih kelaperan guys, akhirnya kita ngerepotin lagi Aldi sama Ferry, untungnya mereka bawa 5 mie dan akhirnya kita makan bareng bareng. eh kita ngopi bareng juga, kopinya dari aku kok wkwk, kopi Lampung.
    Ngga tau rezeki kita yang baik atau gimana, pas banget malem itu tu ada mas mas gitu yang buat Api unggun gitu, dan kita suruh ikut gabung. lumayan lah ya jadi temen curhat aku sama ajek selain kopi. Pas kira kira jam 11 an aku memutuskan untuk tidur, meskipun belum ngantuk sih tapi fyi aja tanggal 10 nya itu aku ada simulasi ospek hehe. Jadi mau ngga mau aku harus agak sedikit kasian sama badanku.

9 Agustus 2017
     14 derajat membangunkanku di jam 4.30 pagi, iya aku kedinginan. Yaudah sekalia aja aku sholat dan muter muter nyari tempat buat pipis wkwk, tapi karena ngga ada tempat yang cocok akhirnya aku baru pipis pas di basecamp wkwk. Nah kita lanjut ke puncak sekitar jam 6 an, dari tenda ke puncak cuma butuh waktu 5- 10 menit doang kok, itupun ngga sesusah track yang kemarinnya.
     Meskipun ketinggiann Andong cuma 1700-an mdpl, tapi pemandangannya membayar seluruh rasa kangenku ngga ndaki selama dua tahun. Merbabu sama Merapi keliatan gagah banget, meskipun sunrisenya cuma bagus beberapa menit doang setelah ketutupan kabut. Tapi pagi itu, aku seneng banget, beneran.

Setelah foto foto beberapa kali, akhirnya kita memutuskan buat sarapan di Warung yang udah buka itu. Bapak yang jualan ramah banget, plus dengan senang hati jawab pertanyaan pertanyaanku. Jadi yaa Bapak nya itu dua hari sekali turun buat nyetok barang barang jualannya. Dan aku ngga habis mikir, bapaknya itu masih ngasih ngebrandol harga yang murah loh, maksudnya harga yang kek dibawah sana. Padahal perjuangannya harus naik dan ngebawa 25 kg di pundaknya mereka buat nyetok barang jualan mereka. WELL
     Setelah makan kita memutuskan buat bongkar tenda dan pulang. Bongkar tenda plus ngelipet tenda tuh bagian favorit aku wkwk, gatau kenapa suka banget. Sehabis itu kita turun dan isitrahat beberpa menit di basecamp sebelum akhirnya pulang. Eh mampir ke rumah nya Petty dulu deng, buat numpang sholat dan makan hehe. Makasih yaa petty :)

Kali ini pendakian yang bermodalkan nekat dan rasa rindu wkwk. Meskipun tingginya ngga seberapa, tapi jangan pernah nyepelein Gunung ya guys. karena setiap Gunung punya pesona nya sendiri, begitupun setiap pendakian punya cerita nya sendiri. Terimakasih

Oh iya buat DEK aldi dan DEK ferry wkwk, kita berempat mengucapkan banyak terimakasih sudah mau direpotkan dan kita ejek ejekkin wkwk. Semoga ketemu di lain kesempatan yaa, siapa tau kita ketemu lagi di basecamp basecamp Gunung lainnya wkwk. Makasih yaaaa