UMUR; KEPALA DUA

Ini ke-sekian kalinya aku mengulang 22 April jauh dari rumah. Iya, dari tgl 21-22 aku ada kegiatan up grading panitia PKKMB atau OSPEK 2018. Karena diamanahi sebagai koor, pastinya banyak hal yang harus aku persiapin, banyak hal yang harus aku perhatiin, dan harus selalu care sama anak anak pemandu lainnya. So, that's why aku sampai lupa kalau di hari ini aku mengulang tahun.

Jam tiga pagi kami dibangun kan, dikuatkan tekad dan janjinya untuk menjadi panitia sekaligus keluarga di kepanitian OSPEK ini. Setengah sadar aku bangun sambil cek hp jam berapa, ternyata udah ada beberapa pesan dari temen temen yang berupa doa, dan bukti sayangnya pada saya. Dan saya baru inget, di hari itu 20 tahun yg lalu Mamah melahirkan saya.

Ternyata begini toh rasanya menjadi gadis berkepla dua, sudah banyak list-list impian sekaligus menjadi target yang harus dicapai dalam waktu yang ga lama lagi, makin banyak tanggungan-tanggungan yang ada di pundak kita, dan tentunya masih banyak hal-hal yang harus kita lakukan dan prioritaskan. 

Aku faham, dan yakin kalau dewasa itu bukan karena umur saja. Tapi, mau ga mau harusnya perubahan tingkat kedewasaan seseorang ada di setiap jenjang umurnya. 

Saya fikir, semakin bertambahnya umur kita, akan semakin banyak pemikiran-pemikiran, akan semakin banyak pilihan-pilihan, kemudian akan semakin banyak keputusan-keputusan yang kita miliki dan kita ambil. Ada banyak yang akan kita hadapi di depan sana. Ada banyak yang perlu kita temui di depan sana. Ada banyak hal yang perlu kita maafkan di depan sana. Ada banyak hal yang perlu kita lupakan di depan sana. Hingga pada akhirnya, pilihan kita hanya tinggal satu; mati. 

Kita hanya perlu jujur pada diri sendiri, pada apa yang telah didapat pada segala yang telah kita coba terima. Agar angka-angka yang bertambah di kolom umur tiap tahun yang kita isi punya makna. Agr, angka-angka itu tidak berbohong, bahwa semakin ia bertambah, semakin diri ini mampu bertingkah lebih dewasa dari sebelumnya, sebelumnya, dan sebelumnya.

Terimakasih teruntuk orang-orang yang begitu baik mengucapkan serta mendoakan. Semoga semuanya di balas oleh Allah ya. Sekali lagi terimakasih.



Comments

Popular Posts